Wednesday, April 2, 2014

Apakah Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh Kita?



Teman-teman pasti sudah tidak asing dengan pemanis alami yang satu ini, madu. Mengambil kutipan dari Wikipedia, madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Rasa manis yang terdapat pada madu berasal dari monosakarida fruktosa dan glukosa yang terkandung didalamnya. Kandungan kedua unsur ini mencapai 60%, lho! Sehingga tidak heran jika rasa manis yang dihasilkan setara dengan rasa gula.

Meskipun kandungan gula yang cukup tinggi, madu tetap digemari oleh banyak orang karena manfaat yang dimilikinya. Selain untuk pelengkap kuliner, si manis yang satu ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat madu untuk tubuh kita? Berikut adalah beberapa manfaat dari madu:

1. Mengobati batuk di malam hari. Penelitian yang dilakukan Dr. Herman Avner Cohen kepada 300 anak balita yang sedang batuk membuktikan bahwa madu bermanfaat untuk mengatasi batuk pada malam hari.
2. Membantu sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi madu dapat meningkatkan mikroflora yang terdapat di usus kita. Mikroflora inilah yang akan berperan untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh.
3. Mencegah penyakit jantung dan kanker. Kandungan polifenol pada madu dapat membantu  melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga berpengaruh pada kesehatan jantung dan mencegah kanker.
4. Mengobati luka. Madu memiliki osmolaritas yang terbukti mampu mengurangi peradangan dan membuat luka menjadi lebih cepat kering.

5. Mengobati jerawat. Berdasarkan penelitian, jenis madu Manuka dan Kanuka terbukti efektif untuk mengobati acne vulgaris. Yaitu kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan dan infeksi pada folikel bagian wajah, punggung dan dada.


Masih banyak lagi manfaat madu bagi kesehatan tubuh kita. Kelima hal di atas hanyalah sebagian kecil dari manfaat yang ada. Namun tetap harus diperhatikan banyaknya madu yang dikonsumsi. Seperti pepatah yang berbunyi “semua yang berlebih itu tidak baik”, begitu pula dengan madu. Apabila dikonsumsi secara berlebih maka dapat mengakibatkan penyakit diabetes. Maka dari itu, tetap kontrol jumlah madu yang Anda konsumsi sekali pun itu untuk pengobatan.


Oleh: Christina Indah Novianti/12120210221


No comments:

Post a Comment